7 Maret 2015

Tips Cara Merawat Mobil Diesel

Semakin hari mobil yang menggunakan bahan bakar premium makin mahal biaya operasionalnya, apalagi apabila harus menggunakan Pertamax yang harganya lebih mahal lagi. 
Sehingga pemilik mobil banyak juga yang beralih menggunakan mobil dengan bahan bakar diesel, karena biaya pembelian solar lebih murah. Selain itu biasanya Mobil Diesel yang menggunakan bahan bakar solar akan lebih irit. Akan tetapi saat ini masih terdapat anggapan kalau perawatan Mobil Diesel lebih repot dan lebih mahal daripada mobil dengan bahan bakar premium/pertamax. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi apabila kita mengetahui bagaimana Tips Cara Merawat Mobil Diesel yang benar, maka tidak masalah lagi untuk memiliki Mobil Diesel.
Tips Cara Merawat Mobil Diesel  antara lain :
·     Sering-sering mengecek oli mesin dan kekentalannya
Sistem kerja mesin diesel umumnya lebih berat dibandingkan mesin berbahan bakar premium. Sehingga oli harus selalu dalam kondisi bagus karena harus melumasi bagian-bagian mesin yang bergesekan. Lakukan setiap pagi hari sebelum memanaskan mobil dengan menggunakan alat pengecekan yang ada pada mesin mobil.
·     Mengganti Oli mesin tepat waktu
Penggantian oli mesin diesel harus selalu tepat waktu karena oli bekerja lebih keras daripada oli mesin bensin. Selain itu karena kerja oli mesin diesel lebih keras , maka filter oli juga harus diganti setiap ganti oli mesin.
·     Mengecek dan mengganti filter bahan bakar
Karena bahan bakar solar memiliki kekentalan yang lebih pekat daripada premium dan tangki bahan bakar bisa saja mudah berkerak, sehingga filternya mudah kotor maka sebaiknya harus rajin mengecek dan mengganti filter bahan bakar.
·     Mengecek, membersihkan dan mengganti filter udara
Kerja mesin diesel membutuhkan udara bersih untuk pembakaran. Oleh karena itu bila filter udara kotor dan sudah padat menyebabkan putaran mesin menjadi berat. Sehingga mobil menjadi tidak bertenaga dan bahan bakarnya menjadi boros. Oleh karena itu filter udara harus dibersihkan secara rutin setiap minggu atau sebulan sekali dan apabila dirasa sudah jelek dan sudah tidak mampu menyerap udara lagi sebaiknya lekas diganti.
·     Membeli solar di SPBU yang terjamin Kualitasnya
Solar sebagai bahan bakar mobil diesel sangat penting untuk membelinya di SPBU yang terjamin kualitasnya karena akan mempengaruhi performa mesin juga akan dapat merawat mesin mobil diesel.
·     Mengecek pompa injeksi secara rutin.
Pompa injeksi pada mobil diesel umumnya tidak ada pelumasnya sehingga sangat rentan aus. Oleh karena itu sebaiknya pada saat mengisi solar ditambahkan oli khusus untuk campuran bahan bakar yang berfungsi untuk merawat pompa injeksi.
·     Rutin membersihkan mesin dan body mobil
Setelah perawatan tersebut diatas, tidak kalah pentingnya adalah membersihkan mesin serta body mobil secara rutin. Hal ini dilakukan agar mesin dan body mobil selalu bebas dari debu sehingga kondisinya selalu terawat. Membersihkan mesin dan body mobil sebaiknya dilakukan paling lama seminggu sekali, tetapi apabila kondisi setelah kehujanan sebaiknya langsung dicuci. Pembersihan mesin dan body mobil dapat dilakukan sendiri atau lewat cucian mobil.
Semoga setelah merawat mobil diesel dengan cara diatas mobil diesel kita akan lancer, tidak rewel dan selalu irit.