22 April 2014

Direktorat Jendral Pajak (DJP) Menerima Penghargaan Sebagai Instansi Publik Paling Dipercaya


Kali ini ada kabar yang membanggakan buat Pegawai  Direktorat Jendral Pajak  (DJP), dimana pada hari Selasa  Tanggal 24 September 2013 tepatnya di Four Season Hotel Jakarta. Direktorat Jendral Pajak  (DJP) meraih perhargaan Indonesia Brand Champion Award 2013 untuk kategori Layanan Publik

Pada kesempatan tersebut Direktorat Jendral Pajak  (DJP) dinobatkan sebagai “The Most Trusted Public Institution” dengan peringkat bronze untuk kategori instansi kementrian (ministry) oleh MarkPlus Insight. Penghargaaan tersebut  secara langsung diberikan oleh Chief Operation MarkPlus Insight, Farid Subkhan kepada Direktur P2Humas Direktorat Jendral Pajak  (DJP), Kismantoro Petrus.
Pada kesempatan tersebut, Direktur P2Humas Direktorat Jendral Pajak  (DJP), Kismantoro Petrus tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas kepercayaannya yang telah memilih Direktorat Jendral Pajak  (DJP) sebagai The Most Trusted Institution di Indonesia Brand Champion Award 2013. Penghargaan ini tentu saja akan dapat menjadi pemicu semangat bagi sekitar 32 ribu pegawai Ditjen Pajak di seluruh Indonesia untuk terus memberi pelayanan yang terbaik bagi bangsa dan Negara.
Indonesia Brand Champion Award 2013 adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh MarkPlus Insight (sebuah lembaga survey marketing) bersama dengan majalah Marketeers.  Sedangkan Penghargaan kategori Layanan Publik diberikan sebagai apresiasi terhadap instansi publik yang telah memberikan pelayanan dan kebijakan terbaik bagi masyarakat selama satu tahun terakhir.
Metode yang digunakan oleh MarkPlus Insight untuk menentukan siapa saja penerima penghargaan Indonesia Brand Champion Award ditentukan melalui sebuah survey yang dilakukan pada pertengahan bulan September 2013 dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Kategori Layanan Publik terbaik dilakukan dengan mengadakan survey terhadap 10 instansi pelayanan publik. Pelayanan dan kebijakan dari kesepuluh instansi tersebut dinilai berdasarkan indikator awareness, image, likeability, dan usefulness. 
  •  Survey dilakukan dengan melibatkan 700 responden yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan dan Makassar. 
  • Responden yang di survey adalah masyarakat umum yang dalam satu tahun terakhir pernah melakukan pengurusan, menerima maupun melakukan transaksi layanan publik yang disediakan di instansi bersangkutan. 
  •  Responden yang disurvey dipilih secara acak dari masyarakat umum diluar kalangan pegawai pemerintahan atau BUMN dan anggota POLRI atau TNI.
Sebenarnya kalau diperhatikan dengan seksama, pelayanan yang diberikan oleh Direktorat Jendral Pajak  (DJP), khususnya yang terdapat pada Kantor Pelayanan Pajak yang tersebar di seluruh Indonesia sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan apabila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lampau.
Beberapa jenis pelayanan yang merupakan kelebihan dari Kantor Pelayanan Pajak antara lain :
  • Semua jenis pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis. 
  •  Semua formulir yang digunakan oleh Wajib Pajak untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan disediakan oleh Kantor Pelayanan Pajak secara gratis kepada semua Wajib Pajak. 
  •  Semua Wajib Pajak dapat meminta bimbingan/konsultasi pajak secara gratis baik penghitungan pajak maupun mekanisme pengisian dan pelaporan formulir perpajakan. 
  •  Wajib Pajak mendapat kemudahan dalam pembayaran pajak, dimana pembayaran pajak dilakukan melalui bank maupun kantor pos. 
  •  Wajib Pajak mendapat kemudahan dalam pelaporan pajak, dimana Wajib Pajak dapat melaporkan kewajiban pajaknya dengan datang langsung, melalui perusahaan jasa pengiriman atau e-filling.
Dengan pelayanan yang semakin baik, maka diharapkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak akan semakin meningkat. Sehingga Direktorat Jendral Pajak  (DJP) dapat mencapai target penerimaan pajak yang telah ditetapkan dalam APBN yang pada akhirnya akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat semua.
Referensi :
  • detik.com