Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tahun Pajak dan Bagian Tahun Pajak

Pengertian Tahun Pajak

Pengertian Tahun Pajak adalah jangka waktu 1 (satu) tahun kalender kecuali bila Wajib Pajak menggunakan tahun buku yang tidak sama dengan tahun kalender.

Jangka waktu 1 (satu) Tahun Kalender adalah jangka waktu dari tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember.

Wajib Pajak dapat menggunakan tahun pajak selain tahun kalender dengan terlebih dahulu mengajukan izin ke Kantor Pelayanan Pajak dimana Wajib Pajak terdaftar.


Contoh Penerapan Tahun Pajak antara lain :

a. Pemeriksaan SPT Tahunan PPh Badan untuk Tahun Pajak 2022, maka pemeriksaan dilakukan terhadap SPT Tahunan PPh Badan untuk Tahun Pajak 2022 dan dokumen pendukungnya untuk jangka waktu Januari sampai dengan Desember 2022.

a. Pemeriksaan SPT Tahunan PPh Badan untuk Tahun Pajak 2021, maka pemeriksaan dilakukan terhadap SPT Tahunan PPh Badan untuk Tahun Pajak 2021 dan dokumen pendukungnya untuk jangka waktu Januari sampai dengan Desember 2021. 

b. Pemeriksaan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi untuk Tahun Pajak 2020, maka pemeriksaan dilakukan terhadap SPT Tahunan PPh Orang Pribadi untuk Tahun Pajak 2020 dan dokumen pendukungnya untuk jangka waktu Januari sampai dengan Desember 2020.


Pengertian Bagian Tahun Pajak 

Pengertian Bagian Tahun Pajak adalah bagian dari jangka waktu 1 (satu) Tahun Pajak.

Bagian dari jangka waktu 1(satu) Tahun Pajak bisa 1 (satu) bulan Kalender atau beberapa bulan Kalender.


Contoh Penerapan Bagian Tahun Pajak antara lain :

a. Pemeriksaan SPT Masa PPN dengan status Lebih Bayar untuk Masa Pajak Maret 2021, maka pemeriksaan dilakukan terhadap SPT Masa PPN dan dokumen pendukungnya untuk Masa Pajak Januari sampai dengan Maret 2021.

b. Pemeriksaan SPT Masa PPN dengan status Lebih Bayar untuk Masa Pajak Nopember 2021, maka pemeriksaan dilakukan terhadap SPT Masa PPN dan dokumen pendukungnya untuk Masa Pajak Januari sampai dengan Nopember 2021.


Baca Juga :

Kamus Istilah Yang Digunakan Dalam Akuntansi, Bisnis, Ekonomi dan Pajak


Artikel Tentang KUP (Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan