22 Juni 2014

Pengertian Penyerahan Dalam Negeri dengan Faktur Pajak yang Digunggung

Pertanyaan Konsultasi Pajak :

Pak, apa yang dimaksud dengan kata "digunggung"? Tks so much Pak Wibowo
Penanya Konsultasi Pajak  : rien

Jawaban Konsultasi Pajak :

Pengertian Penyerahan Dalam Negeri dengan Faktur Pajak yang Digunggung adalah :
Penyerahan BKP dan/atau JKP dalam negeri dengan Faktur Pajak yang tidak diisi dengan identitas pembeli serta nama dan tanda tangan penjual, dalam Masa Pajak yang bersangkutan.

Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang boleh mengisi dalam SPT Masa PPN 1111 adalah Pengusaha Kena Pajak yang menurut ketentuan diperkenankan untuk menerbitkan Faktur Pajak tanpa identitas pembeli serta nama dan tanda tangan penjual.

Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang diperbolehkan menggunakan Faktur Pajak yang digunggung adalah Pengusaha Kena Pajak Pedagang Eceran.

Contoh untuk Faktur Pajak yang digunggung antara lain :
  • Nota Penjualan
  • Kwitansi Penjualan
  • Struk penjualan
  • Bon Penjualan
Pengisian dalam SPT Masa PPN 1111 dilakukan dengan cara menjumlahkan secara manual seluruh Faktur Pajak atas penyerahan BKP dan/atau JKP yang tidak diisi dengan identitas pembeli serta nama dan tanda tangan penjual.

Artikel Yang Terkait :
Referensi :
  1. PER-24/PJ/2012 Tanggal 22 Nopember 2012 Tentang Bentuk, Ukuran, Tata Cara Pengisian Keterangan, Prosedur Pemberitahuan Dalam Rangka Pembuatan, Tata Cara Pembetulan Atau Penggantian, Dan Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak 
  2. PER - 08/PJ/2013 Tanggal 27 Maret 2013 Tentang Perubahan Atas Per-24/PJ/2012 Tentang Bentuk, Ukuran, Tata Cara Pengisian Keterangan, Prosedur Pemberitahuan Dalam Rangka Pembuatan, Tata Cara Pembetulan Atau Penggantian, Dan Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak