Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Proses Bisnis (Business Process)

Pengertian Proses Bisnis (Business Process) 

Pengertian Proses Bisnis (Business Process) adalah suatu kumpulan dari aktivitas (task) atau pekerjaan terstruktur yang saling berhubungan untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan suatu keluaran (produk/output) atau layanan (demi meraih tujuan tertentu) dan mendukung pencapaian tujuan serta sasaran strategis dari suatu organisasi.

Suatu proses bisnis yang baik harus mempunyai tujuan mengefektifkan, mengefisienkan dan meningkatkan produktifitas dari suatu organisasi.
 
Suatu organisasi secara umum tentu saja mempunyai tujuan agar dapat bertahan hidup selama mungkin dan selalu meningkat kinerja serta produktifitasnya. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka suatu organisasi membutuhkan suatu proses bisnis yang baik untuk mendukung berjalannya organisasi tersebut.
 
Tidak terkecuali suatu perusahaan sebagai suatu organisasi tentu saja membutuhkan suatu proses bisnis yang baik agar dapat mendukung pencapaian tujuan dari perusahaan tersebut.


Tahapan proses bisnis dalam suatu perusahaan 

Tahapan proses bisnis dalam suatu perusahaan antara lain :

- Analisis Kegiatan Usaha

Dalam tahapan ini manajemen perusahaan bersama pemilik perusahaan melakukan diskusi dan analisis tentang kegiatan usaha yang akan dijalankan oleh perusahaan, misalnya usaha dibidang industri, perdagangan atau jasa. 

Hal ini dilakukan agar manajemen mengetahui serta menentukan proses bisnis yang akan digunakan oleh perusahaan.

- Penentuan Proses Bisnis

Pada tahapan ini manajemen akan membuat atau menentukan bentuk proses bisnis dari usaha yang telah dipilih oleh perusahaan tersebut, mulai dari proses bisnis tentang jenis biaya-biaya yang dikeluarkan sampai dengan proses bisnis memperoleh pendapatan atau penghasilan.

- Pelaksanaan Proses Bisnis

Tidak kalah pentingnya dari penentuan proses bisnis dari perusahaan adalah pelaksanaan proses bisnis itu sendiri, karena sebagus apapapun suatu proses bisnis tetapi tidak dilaksanakan tidak akan bermanfaat bagi perusahaan. 

Sehingga sangat penting bagi setiap bagian atau divisi dan karyawan perusahaan untuk menjalankan dengan benar seluruh proses bisnis yang telah dibuat oleh pihak manajemen perusahaan.

- Evaluasi Proses Bisnis

Untuk mengetahui apakah suatu proses bisnis telah dijalankan oleh semua karyawan bagian atau divisi dari perusahaan dan apakah proses bisnis tersebut telah memberikan manfaat bagi perusahaan, maka diperlukan suatu evaluasi dari pelaksanaan proses bisnis tersebut. 

Suatu evaluasi dapat dilakukan setiap bulan, setiap tiga bulan, setiap enam bulan atau setiap tahun, tergantung kebijakan manajemen perusahaan. 

Akan tetapi suatu evaluasi akan lebih efektif apabila dilakukan setiap bulan. 

Dengan seringnya melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan proses bisnis, maka akan diperoleh suatu proses bisnis yang paling memberikan manfaat bagi perusahaan.


Proses Bisnis dikatakan berhasil mendukung perusahaan dalam menjalankan Bisnisnya apabila didukung oleh beberapa hal, yaitu antara lain :

- Rencana Proses Bisnis yang baik

Proses bisnis akan memberikan manfaat bagi perusahaan apabila didukung dengan pembuatan rencana proses bisnis yang baik oleh manajemen perusahaan.

- Teknologi Informasi Yang Mendukung

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa pada saat ini peran teknologi informasi sangatlah penting dalam segala bidang. 

Termasuk juga dalam pelaksanaan proses bisnis perusahaan, oleh karena itu pihak manajemen harus dapat menggunakan teknologi informasi yang tepat untuk mendukung pelaksanaan proses bisnis tersebut.

- Tolok Ukur atau Pengukuran Tingkat Keberhasilan

Untuk dapat mengetahui keberhasilan dari suatu proses bisnis, maka manajemen perusahaan harus menentukan bagaimana suatu proses bisnis dikatakan berhasil atau gagal.

- Sumber Daya Manusia

Yang tidak kalah pentingnya bagi keberhasilan dari proses bisnis dalam suatu perusahaan adalah karyawan yang akan menjalankan atau melaksanakan proses bisnis tersebut. 

Dalam melaksanakan proses bisnis yang baik, maka diperlukan karyawan yang handal tanpa hal tersebut mustahil proses bisnis dapat dilaksanakan dengan baik. 

Oleh karena itu apabila suatu perusahaan menginginkan pelaksanaan proses bisnis yang baik, maka bagian HRD atau perekrutan SDM atau personalia harus dapat merekrut karyawan yang baik.

- Motivasi

Proses bisnis tidak akan berhasil apabila tidak didukung oleh motivasi dari seluruh komponen dari perusahaan untuk melaksanakan tahapan-tahapan dari proses bisnis tersebut. 

Motivasi akan timbul apabila didukung dengan reward dan punishment yang jelas.


Contoh Proses Bisnis

PT. Surya Alam Sentosa adalah perusahaan yang bergerak dibidang usaha penjualan Laptop eceran dengan cara menyewa sebuah Toko untuk aktivitas penjualannya.

- Proses Bisnis Penjualan Laptop

Penjualan Laptop secara eceran dilakukan dengan melayani pembeli yang datang ke Toko yang disewanya.

Proses Bisnis Penjualan Laptop dilakukan sebagai berikut :

a. Pembeli datang ke Toko Laptop.

b. Pembeli yang tertarik untuk membeli Laptop akan diarahkan ke display Laptop untuk diberikan penjelasan tentang spesifikasi dan harga Laptop.

c. Setelah pembeli cocok dengan pilihannya, kemudian diarahkan ke Kasir untuk membayar Laptop yang dibelinya.

d. Setelah kasir menerima pembayaran, kemudian Laptop diserahkan kepada pembeli, setelah dilakukan pengecekan apakah kodisi laptop baik.