2 Agustus 2015

Bagaimana Cara Memindahkan Usaha Berbentuk CV atau PT Menjadi Usaha Orang Pribadi

Pertanyaan Konsultasi Pajak :

  • Pak, saya mau menanyakan. bagaimana cara untuk memindahkan jenis pajak dari usaha CV (Perseroan Komanditer) atau PT (Perseroan Terbatas) ke pajak Orang Pribadi.

Jawaban Konsultasi Pajak  :
  • Secara peraturan perpajakan tidak bisa secara langsung dilakukan perpindahan dari usaha berbentuk CV atau PT menjadi usaha orang pribadi.
  • Perpindahan usaha dilakukan dengan cara melikuidasi  atau membubarkan CV atau PT tersebut kemudian mengajukan permohonan penghapusan NPWP dan orang pribadi kemudian melanjutkan usaha tersebut dengan melakukan pendaftaran NPWP apabila Orang Pribadi tersebut belum mempunyai NPWP. Apabila Orang Pribadi sudah mempunyai NPWP, maka NPWP tersebut dapat digunakan untuk melanjutkan usaha.
Contoh Perubahan Usaha CV ke Orang Pribadi :
CV.Angin Ribut mempunyai usaha percetakan ingin merubah usahanya tersebut menjadi usaha orang pribadi (Tuan Budiman), caranya sebagai berikut :

Cara pertama :
  1. Usaha percetakan sementara ditutup, menunggu proses likuidasi CV.
  2. Setelah proses likuidasi selesai diajukan permohonan penghapusan NPWP CV.
  3. Setelah penghapusan NPWP selesai baru usaha percetakan dibuka lagi atas nama orang pribadi (Budiman mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP baru).

Cara kedua :
  1. Usaha percetakan langsung diganti menjadi usaha orang pribadi dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP orang pribadi atas nama Budiman, seluruh aktifitas usaha percetakan dilakukan atas nama orang pribadi (NPWP baru).
  2. Setelah usaha atas nama Orang pribadi berjalan, CV.Angin Ribut langsung ditutup.
  3. CV dilakukan likuidasi dan setelah selesai , dilakukan permohonan penghapusan NPWP.
  4. Aset/harta dan persediaan milik CV yang akan digunakan oleh orang pribadi (Budiman) diakui menjadi milik Budiman setelah proses likuidasi.

Artikel Yang Perlu Diketahui : 

Referensi :