Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian/Definisi Biaya Bersama (Joint Cost)

Pengertian/Definisi Biaya Bersama (Joint Cost) 

Pengertian/Definisi Biaya Bersama (Joint Cost) adalah Suatu biaya yang dikeluarkan untuk dua macam produk atau lebih yang berlainan.

Beberapa macam produk yang dihasilkan dari suatu proses produksi yang sama dengan menggunakan bahan baku yang sama pula.

Biaya Bersama (Joint Cost) biasanya terdapat pada perusahaan manufactur (industri) yang memproduksi 2 (dua) jenis atau lebih barang jadi yang berasal dari 1 (satu) jenis bahan baku.


Contoh Biaya Bersama (Joint Cost)

Contoh Biaya Bersama (Joint Cost) antara lain :

- Biaya Bahan Baku.

Contoh Biaya Bersama (Joint Cost) Bahan Baku :

PT. Cahaya Surya Abadi adalah perusahaan pembuatan mie instan dengan 3 (tiga) jenis produk.

Bahan Baku untuk pembuatan 3 (tiga) jenis mie instan tersebut berasal dari tepung terigu. 

Besarnya penggunaan bahan baku tepung terigu tersebut tidak bisa dipisahkan untuk masing-masing jenis mie instan tersebut.

Sehingga penggunaaan bahan baku tepung terigu tersebut disebut dengan biaya bersama (joint cost) untuk memproduksi 3 (tiga) jenis mie instan.

- Biaya Tenaga Kerja.

PT. Adiwarna Cipta Perkasa adalah perusahaan yang mempunyai kegiatan usaha dibidang Jasa Konstruksi dan Pengadaan Barang.

Karyawan tetap yang di miliki oleh PT. Adiwarna Cipta Perkasa melakukan pekerjaan untuk kegiatan usaha Jasa Konstruksi dan Pengadaan Barang

Besarnya biaya gaji Karyawan Tetap tersebut tidak bisa dipisahkan untuk masing-masing kegiatan usaha tersebut.

Sehingga pembayaran biaya gaji Karyawan Tetap tersebut disebut dengan biaya bersama (joint cost) untuk kegiatan usaha Jasa Konstruksi dan Pengadaan Barang.

- Biaya Overhead Pabrik.


Baca Juga :




Referensi :

- Kamus Istilah Akuntansi (Dhanny R Cyssco)