9 Desember 2014

Yang Wajib Mendaftarkan Diri Sebagai Wajib Pajak dan mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Yang Wajib Mendaftarkan Diri Sebagai Wajib Pajak dan mempunyai  Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah :

Setiap Orang Pribadi, Badan dan Bendahara Pemerintah yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan wajib mendaftarkan diri pada kantor Direktorat  Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak dan kepada Wajib Pajak diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak.
Termasuk pula wanita kawin  yang dikenai pajak secara terpisah karena hidup terpisah berdasarkan keputusan hakim atau dikehendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta.
Demikian juga bagi Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan yang mempunyai Kantor Cabang diluar Wilayah Pusat dari Wajib Pajak tersebut wajib mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak Cabang di Kantor Pelayanan Pajak dimana Kantor Cabang tersebut berkedudukan.
Contoh :
PT.Cahaya Timur Sentosa terdaftar sebagai Wajib Pajak Pusat di KPP Pratama Kebumen mempunyai Kantor Cabang di Kota Temanggung, maka Kantor Cabang di Kota Temanggung wajib mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak Cabang di KPP Pratama Temanggung.

Pengertian telah memenuhi syarat Subjektif dan Objektif adalah sebagai berikut :

  • Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak menjalankan usaha dan atau pekerjaan bebas adalah saat memperoleh penghasilan diatas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Sehingga saat penghasilannya melebihi PTKP baru Wajib mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak paling lambat satu bulan pada akhir bulan berikutnya.
  • Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang menjalankan usaha dan atau pekerjaan bebas adalah saat menjalankan usaha dan atau pekerjaan bebas tersebut. Sehingga Orang Pribadi tersebut Wajib mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak paling lambat satu bulan setelah usaha dan atau pekerjaan bebas tersebut nyata-nyata dilakukan.
  • Untuk Wajib Pajak Badan adalah saat badan tersebut didirikan, sehingga badan tersebut Wajib mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak paling lambat satu bulan setelah badan tersebut didirikan.
  • Untuk Wajib Pajak Bendahara adalah saat bendahara tersebut akan melakukan pemotongan dan atau pemungutan pajak, sehingga Bendahara tersebut Wajib mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak paling lamabat sebelum melakukan pemotongan dan atau pemungutan pajak.
Artikel Yang Perlu Diketahui :
Referensi :