6 Maret 2015

Upaya Pemerintah Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok


Saat ini tingkat inflasi telah diatas target pemerintah yaitu inflasi Januari-Juli 2013 telah mencapai 6,75 % (Badan Pusat Statistik).



Hal ini disebabkan karena kenaikan harga yang ditunjukkan oleh kenaikan indeks beberapa kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok bahan makanan 5,46 persen; kelompok makanan jadi,minuman, rokok, dan tembakau 1,55 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 0,44 persen; kelompok kesehatan 0,40 persen; kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga 0,69 persen; dan kelompok transport, komunikasi, dan jasa keuangan 9,60 persen (BPS).

Kenaikan harga tersebut tentu saja sangat memberatkan masyarakat, apalagi menjelang lebaran dimana kebutuhan masyarakat meningkat tajam. Dengan adanya tingkat inflasi yang tinggi tentu saja menyebabkan daya beli menurun yang pada akhirnya akan menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat.
Salah satu kenaikan harga yang sangat memberatkan masyarakat adalah kenaikan harga barang kebutuhan pokok. Hal ini karena menjelang lebaran barang kebutuhan pokok merupakan barang yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu untuk meringankan beban masyarakat pemerintah berusaha keras untuk menstabilkan harga, terutama harga kebutuhan pokok. Salah satu cara pemerintah menstabilkan harga kebutuhan pokok adalah dengan cara terus menerus menggelar pasar murah diberbagai kota di Indonesia.
Salah satu pasar murah yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah yang diselenggarakan oleh  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selama bulan Ramadhan. Untuk mendukung pasar murah tersebut Pemerintah Provinci Jawa Tengah menyediakan sebanyak 7.000 paket sembako. Agar pelaksanaan pasar murah tepat sasaran maka mekanisme penjualan pada pasar murah itu adalah melalui pemberian kupon untuk menghindari penebusan ganda oleh satu keluarga.

Upaya pemerintah tersebut akan dapat menekan kenaikan harga barang kebutuhan pokok apabila dapat dilaksanakan terus menerus. Pertanyaannya berapa lama pemerintah dapat terus menyelenggarakan pasar murah ?
Memang penentuan harga suatu barang akan ditentukan oleh tingkat permintaan dan tersedianya barang tersebut, maka untuk menekan kenaikan harga barang kebutuhan pokok tersebut harus tersedia supply barang tersebut dengan cukup. Inilah tugas berat dari pemerintah saat ini yaitu bagaimana dapat menyediakan barang kebutuhan pokok yang cukup di pasar secara terus menerus.

Referensi :
  • kemendag.go.id
  • bps.go.id