23 Oktober 2015

Apakah Wajib Pajak Orang Pribadi Harus Mendaftarkan Diri Untuk Menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP)


Pertanyaan Konsultasi Pajak :
  • Pak, saya adalah Wajib Pajak yang sudah memiliki NPWP. Jika saya mau mendirikan perusahaan perseorangan, apakah saya harus mengurus Nomor PKP dulu ?
 Jawaban Konsultasi Pajak :
  • Yang wajib menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP) adalah pengusaha yang selama satu tahun buku melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak dengan jumlah peredaran bruto dan/atau penerimaan bruto lebih dari Rp 4.800.000.000,00 (empat milyar delapan ratus juta rupiah). 
  • Pengusaha yang selama satu tahun buku melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak dengan jumlah peredaran bruto dan/atau penerimaan bruto tidak lebih dari Rp 4.800.000.000,00 (empat milyar delapan ratus juta rupiah) diperbolehkan menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP). 
  • Pengusaha Kena Pajak dapat berbentuk Wajib Pajak Badan atau Wajib Pajak Orang Pribadi. 
  • Berdasarkan hal tersebut diatas, maka apabila Wajib Pajak Orang Pribadi yang sudah memiliki NPWP tidak harus mengurus PKP terlebih dahulu untuk menjalankan kegiatan usahanya sepanjang selama satu tahun buku tidak melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak dengan jumlah peredaran bruto dan/atau penerimaan bruto lebih dari Rp 4.800.000.000,00 (empat milyar delapan ratus juta rupiah).
Artikel yang perlu diketahui :
Referensi :