Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa Saja Yang Boleh Menggunakan Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)

Yang Boleh Menggunakan Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) adalah :

1. Entitas tanpa Akuntablitas Publik, yaitu :

a. Entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan.

Yaitu : perusahaan yang tidak terdaftar di bursa efek dan bukan perusahaan bank, bukan perusahaan asuransi, bukan perusahaan pialang atau pedagang efek, bukan perusahaan dana pensiun, bukan perusahaan reksa dana, bukan perusahaan bank investasi.

b. Entitas yang menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement) bagi pengguna eksternal. 

Contoh pengguna eksternal adalah pemilik yang tidak terlibat langsung dalam pengelolaan usaha, kreditur, dan lembaga pemeringkat kredit.

2. Entitas yang memiliki akuntabilitas signifikan dapat menggunakan SAK ETAP jika otoritas berwenang membuat regulasi mengizinkan penggunaan SAK ETAP


Entitas memiliki akuntabilitas signifikan jika :

a. Entitas telah mengajukan pernyataan pendaftaran, atau dalam proses pengajuan pernyataan pendaftaran, pada otoritas pasar modal atau regulator lain untuk tujuan penerbitan efek di pasar modal.

b. Entitas menguasai aset dalam kapasitas sebagai fidusia untuk sekelompok besar masyarakat, seperti bank, entitas asuransi, pialang dan atau pedagang efek, dana pensiun, reksa dana dan bank investasi.


Sehingga perusahaan yang tidak boleh menggunakan SAK ETAP (
Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) wajib menggunakan SAK Besar atau SAK sesuai bidang usaha masing-masing.

 
Baca Juga :

Pengertian Entitas



Referensi :

- Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (PSAK ETAP)