30 November 2014

Tata Cara Pendaftaran NPWP/PKP Pindah Bagi Pengusaha Kena Pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi, Bendahara, Badan Dan Joint Operation

Wajib Pajak yang pindah alamat kantor dapat mengajukan permohonan Pemindahan Tempat terdaftar Wajib Pajak atau perubahan data alamat, dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Wajib Pajak yang pindah alamat dalam satu wilayah Kantor Pelayanan Pajak (KPP), maka Wajib Pajak mengajukan permohonan perubahan data alamat  dengan cara mengisi formulir perubahan data di KPP tersebut disertai bukti alamat yang baru (bagi Wajib Pajak Badan surat keterangan domisili dari kelurahan sedangkan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi adalah fotocopy KTP alamat baru). Kemudian diserahkan ke Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) di Seksi Pelayanan dan akan diberikan kartu NPWP baru dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) baru.
  2. Wajib Pajak yang pindah alamat ke wilayah kantor pelayanan pajak (KPP) lain, maka wajib pajak mengajukan permohonan pindah KPP dengan cara mengisi formulir Wajib Pajak Pindah di KPP lama disertai bukti alamat yang baru (bagi Wajib Pajak Badan surat keterangan domisili dari kelurahan sedangkan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi adalah fotocopy KTP alamat baru). Kemudian diserahkan ke Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) di Seksi Pelayanan dan akan diberikan Surat Pindah, Surat Pencabutan Surat Keterangan Terdaftar dan Surat Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak oleh KPP lama, kemudian Wajib Pajak datang ke KPP baru dengan membawa surat pindah tersebut dan KPP baru akan memberikan kartu NPWP baru dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT), serta Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak dalam jangka waktu 1 (satu) hari  sejak diterimanya surat pindah dari KPP lama.  
Artikel Yang Terkait : 
Referensi :
  1. Pasal 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Tentang KUP
  2. PER-20/PJ/2013 Tanggal 30 Mei 2013 Tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pemberian NPWP, Pelaporan Usaha dan Pengukuhan PKP, Penghapusan NPWP dan Pencabutan Pengukuhan PKP, serta Perubahan Data dan Pemindahan Wajib Pajak