11 Oktober 2015

Pengertian Dasar Antisipasi / Akrual (Accrual Method)

Pengertian Dasar Antisipasi / Akrual (Accrual Method) adalah :
Suatu cara dalam pembukuan yang dianggap sebagai biaya dan pendapatan bukanlah jumlah-jumlah yang dibayarkan atau diterima saja, melainkan mencakup seluruh jumlah yang belum dibayarkan dan belum diterima asalkan jumlah-jumlah tersebut menyangkut masa pembukuan untuk periode bersangkutan.

Laporan keuangan yang disusun atas Dasar Antisipasi / Akrual (Accrual Method) memberikan informasi kepada pemakai tidak hanya transaksi masa lalu yang melibatkan penerimaan dan pembayaran kas tetapi juga kewajiban pembayaran kas dimasa depan serta sumber daya yang merepresentasikan kas yang akan diterima di masa depan.
Oleh karena itu laporan keuangan menyediakan jenis informasi transaksi masa lalu dan peristiwa lainnya yang paling berguna bagi pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Contoh Penerapan Dasar Antisipasi / Akrual (Accrual Method) dalam akuntansi keuangan :
  • PT.Abadi Jaya Motor merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan Mobil.
  • Pada tanggal 30 September 2015 melakukan penjualan Mobil dengan nilai transaksi Rp.400.000.000,00 (empat ratus juta rupiah) kepada PT.Transport Manunggal Abadi.
  • PT.Transport Manunggal Abadi akan melakukan pembayaran atas penjualan tersebut pada tanggal 30 Oktober 2015.
  • Apabila  PT.Abadi Jaya Motor  menggunakan metode Dasar Antisipasi / Akrual (Accrual Method) dalam mencatat transaksi penjualannya / pembukuannya, maka pendapatan atau penjualan diakui pada saat terjadinya transaksi yaitu pada tanggal 30 September 2015.
Artikel Yang Perlu Diketahui :
Referensi :
  • Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK)