11 Februari 2015

Pengertian, Gejala dan Akibat Diabetes

Pengertian Penyakit Diabetes
Dewasa ini makin banyak orang Indonesia yang menderita penyakit diabetes yaitu kondisi dimana tubuh tidak mampu mengubah makanan yang masuk kedalam tubuh menjadi energi. Dalam kondisi ini penderita diabetes memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi. Proses terjadinya diabetes adalah gangguan metabolisme karbohidrat karena aktifitas insulin dalam tubuh yang tidak benar atau gangguan produksinya oleh organ pankreas atau keduanya.

Gejala Penyakit Diabetes
Saat ini sangat jarang orang yang mengetahui gejala atau tanda-tanda terkena diabetes. Orang hanya mengetahui terkena diabetes setelah dalam kondisi yang sangat parah sehingga susah untuk diobati. Oleh karena itu kita perlu mengetahui gejala penyakit diabetes agar dapat segera diobati. Gejala penyakit diabetes antara lain :
·     Sering buang air kecil (Poliuri)
Sering buang air kecil (poliuri) disebabkan oleh glukosa dalam darah terlalu banyak. Glukosa dalam darah terlalu banyak karena insulin orang yang mulai terkena diabetes tidak ada atau sedikit maka ginjal tidak dapat menyaring glukosa untuk kembali kedalam darah. Sehingga ginjal akan menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa akibatnya kandung kemih penuh dan membuat orang sering buang air kecil.
·     Cepat haus (Polidipdi)
Sering buang air kecil menyababkan orang yang menderita gejala diabetes menjadi lebih cepat haus. Hal ini terjadi karena dalam proses penghancuran glukosa tersebut diatas sulit sehingga menyedot air dalam darah cukup banyak. Akibatnya perlu lebih banyak minum untuk menggantikan cairan yang banyak hilang tersebut.
·     Tenaga Berkurang (Polifagi)
Bagi penderita diabetes akan mengalami insulin yang bermasalah sehingga asupan gula dalam darah berkurang akibatnya membuat pembentukan energi berkurang. Dalam kondisi ini tenaga akan menjadi berkurang.
·     Rasa lapar terus menerus
Sebagai akibat  pembentukan energi berkurang mengakibatkan otak berpikir tubuh kurang energi sehingga menimbulkan rasa lapar dan perasaan selalu ingin makan.
·     Sering merasa kesemutan
·     Gatal-gatal yang tidak tahun penyebabnya
·     Keputihan yang tidak sembuh-sembuh
·     Mata rabun
·     Disfungsi ereksi

Akibat Penyakit Diabetes
Penyakit Diabetes biasanya menyerang tubuh manusia secara perlahan-lahan, dapat terjadi dalam jangka waktu bertahun-tahun. Apabila sudah mulai berat maka akan menyebabkan antara lain :
·     Penurunan berat badan yang berlebihan
·     Gangguan penglihatan bahkan buta
·     Lemas
·     Luka yang susah sembuh
·     Gangguan ginjal bahkan cuci darah
·     Gangguan pendengaran
·     Kerusakan sendi tulang
·     Pengeroposan tulang
·     Impotensi
·     Penyakit Jantung koroner
·     Penyakit Stroke