20 September 2015

Bagaimana Cara Wajib Pajak meminjam data pelaporan pajak dari Kantor Pelayanan Pajak


Pertanyaan Konsultasi Pajak :

  • Pak mau tanya Pak, kalau misalnya ada customer kita yang menanyakan tanda bukti pelaporan pajak pada transaksi tahun lalu. tetapi ternyata kita tidak memiliki dokumen-dokumen pelaporan pajak, entah konsultannya tidak lapor atau bagaimana karena sudah tidak bisa komunikasi dengan yang bersangkutan. nah apa bisa kita yang hanya memiliki dokumen invoice dll meminjam data pelaporan pajak, apa bisa dengan modal dokumen-dokumen  tersebut menanyakan pada kantor pajak mengenai faktur pajak transaksi tersebut ?

  • Mohon bantuannya Pak ?
  • Demikian dan terima kasih.
Jawaban Konsultasi Pajak :
  • Dokumen laporan pajak yang telah dilaporkan oleh Wajib Pajak ke Kantor Pelayanan Pajak merupakan dokumen rahasia yang tidak dapat diminta/dilihat pihak lain kecuali pihak-pihak yang menurut ketentuan diperbolehkan untuk melihat dokumen tersebut. 
  • Namun demikian apabila Wajib Pajak memang membutuhkan data pelaporan tersebut, maka langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Wajib Pajak dapat menghubungi Account Representative-nya yang ada di kantor pelayanan pajak untuk menanyakan apakah data yang dibutuhkan tersebut dapat dipinjam/dicopi secara langsung.
  2.  Apabila tidak memungkinkan kalau dicopi secara langsung, maka ajukan permintaan peminjaman fotocopi laporan pajak yang diinginkan melalui surat secara langsung (sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan Account Representative-nya).
  3. Surat peminjaman fotocopi dokumen laporan pajak tersebut diajukan oleh Wajib Pajak melalui Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) yang ada di Kantor Pelayanan Pajak tersebut.
  • Account Representative adalah petugas pajak yang ditunjuk/ditugaskan oleh kantor pajak untuk membantu Wajib Pajak dalam melaksanakan Hak dan Kewajiban Perpajakan (bantuan ini diberikan secara Cuma-Cuma /gratis).
Artikel Yang Terkait :
Referensi :