9 Januari 2017

Pengertian Beasiswa Yang Dikecualikan Dari Objek Pajak Penghasilan (PPh)

Pengertian Beasiswa yang dikecualikan dari objek Pajak Penghasilan adalah :

Atas penghasilan berupa beasiswa yang diterima atau diperoleh Warga Negara Indonesia dari Wajib Pajak pemberi beasiswa dalam rangka mengikuti pendidikan formal dan / atau pendididikan nonformal yang dilaksanakan di dalam negeri dan/atau di luar negeri.

Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas tingkat pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.

Komponen beasiswa terdiri dari biaya pendidikan yang dibayarkan ke sekolah (tuition fee), biaya ujian, biaya penelitian yang berkaitan dengan bidang studi yang diambil, biaya untuk pembelian buku, dan/atau biaya hidup yang wajar sesuai dengan daerah lokasi tempat belajar.

Contoh Pemberian Beasiswa yang dikecualikan dari objek Pajak Penghasilan adalah sebagai berikut :
  • PT.Cahaya Elektrik Jaya adalah perusahaan yang mempunyai kegiatan usaha dibidang pembuatan kabel.
  • PT.Cahaya Elektrik Jaya bermaksud mengadakan program peningkatan SDM untuk karyawannya berupa beasiswa untuk menempuh pendidikan sarjana teknik elektro.
  • Atas pemberian beasiswa tersebut bukan merupakan objek PPh Pasal 21.
  • PT.Cahaya Elektrik Jaya tidak memotong PPh Pasal 21 atas pemberian beasiswa tersebut kepada karyawannya dan dapat membebankan biaya beasiswa tersebut sebagai pengurang penghasilan kena pajak.
Artikel Yang Perlu Diketahui :
Referensi :