9 November 2014

Cara Wajib Pajak Mengajukan Permohonan Penghapusan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)


Apabila Wajib Pajak berdasarkan peraturan yang berlaku tidak perlu lagi memiliki NPWP, maka Wajib Pajak tersebut dapat mengajukan permohonan penghapusan NPWP ke Kantor Pelayanan Pajak, dengan cara sebagai berikut :

  1.  Wajib Pajak apabila memenuhi syarat dapat mengajukan penghapusan NPWP dengan menggunakan formulir permohonan penghapusan NPWP.
  2. Formulir Permohonan penghapusan NPWP harus diisi dengan lengkap dan ditandatangani oleh pihak yang berhak. Jangan lupa mencantumkan nomor telpon yang dapat dihubungi. 
  3. Permohonan Penghapusan NPWP diajukan melalui TPT (Tempat Pelayanan Terpadu) di Seksi Pelayanan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat terdaftarnya wajib pajak. Jangan lupa minta tanda terima surat permohonan tersebut. 
  4. Kantor Pelayanan Pajak setelah melakukan verifikasi atau pemeriksaan harus memberikan keputusan atas Permohonan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak dalam jangka waktu 6 (enam) bulan untuk Wajib Pajak orang pribadi atau 12 (dua belas) bulan untuk Wajib Pajak badan, sejak tanggal permohonan Wajib Pajak diterima secara lengkap. 
  5. Apabila jangka waktu sebagaimana dimaksud diatas telah lewat dan Kantor Pelayanan Pajak tidak memberi suatu keputusan, permohonan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak dianggap dikabulkan. 
  6. Yang paling penting bagi wajib pajak adalah tanda terima permohonan jangan sampai hilang, karena kalau hilang sedang permohonan tidak diproses maka wajib pajak tidak bisa komplain. 
  7. Wajib Pajak setiap bulan bisa menanyakan perkembangan proses permohonan penghapusan NPWP ke Kantor Pelayanan Pajak.
Artikel Yang Terkait :
Referensi :