10 Juli 2015

Cara Mudah Menentukan Bisnis Sendiri

Tentu saja akan menyenangkan apabila mempunyai bisnis sendiri, bisa berangkat  dan memulai kerja serta pulang kerja kapanpun sesuai keinginan kita. Tetapi tentu saja tidak mudah untuk mempunyai usaha sendiri yang menghasilkan uang yang cukup banyak. Untuk memulai usaha sendiri langkah pertama adalah menentukan usaha/bisnis apa yang akan kita jalankan.
Cara Mudah Menentukan Bisnis Sendiri yang akan kita miliki adalah sebagai berikut :
  • Tuliskan Jenis Bisnis Yang Akan Dijalankan
Untuk memudahkan kita memilih bisnis apa yang cocok dengan kita, maka lebih baik ambil selembar kertas dan ballpoint kemudian tuliskan ide-de tentang bisnis apa yang mungkin cocok dengan kita. Jangan hanya memikirkan bisnis yang akan dijalankan dalam pikiran saja. Apabila kesulitan menemukan jenis bisnis yang akan kita jalankan, kita bisa mulai dengan membaca buku bisnis atau mencari di internet.
  • Pilih Bisnis yang Kita Senangi
Dari berbagai jenis bisnis yang telah kita tulis tadi pilihlah bisnis yang paling disenangi, jangan pilih bisnis yang prospeknya bagus tetapi tidak kita senangi, lebih baik pilih bisnis kecil tetapi kita senangi. Dengan memilih bisnis yang kita senangi, maka kelangsungan hidup bisnis akan berlangsung lama karena kita akan bekerja lebih keras dengan sesuatu yang disenangi dan tidak cepat bosan/jenuh.
  • Lakukan Riset/Penelitian Terhadap Bisnis Yang Telah Dipilih Tersebut
Sebelum memulai bisnis yang telah kita pilih sebaiknya lakukan riset/penelitian tentang tingkat keberhasilan bisnis tersebut antara lain dengan cara :
  1. Teliti apakah produk atau jasa yang akan kita tawarkan mempunyai keunggulan atau keunikan. Apabila produk atau jasa mempunyai keunggulan atau keunikan maka akan mampu bertahan lama dipasar.
  2. Teliti siapa saja pesaing kita. Dengan mengetahui siapa pesaing maka kita akan mengetahui berapa besar peluang produk/jasa yang kita tawarkan akan diterima pasar dan mampu bersaing dengan pesaing kita.
  3. Teliti pasar dari produk/jasa yang kita tawarkan. Dengan mengetahui siapa dan dimana pasar dari produk/jasa yang ditawarkan, maka kita dapat mengetahui berapa besar daya tampung/berapa tingkat penyerapan pasar terhadap produk yang akan kita produksi dan dapat memperhitungkan tingkat keberhasilan kita.
  4. Teliti dengan cermat proses produksi dari produk/jasa yang akan kita tawarkan apakah benar-benar dapat dilakukan. Jangan sampai hanya sekedar angan-angan.
  5. Sampaikan rencana bisnis/usaha yang akan kita jalankan kepada keluarga, teman-teman dan rekan kerja untuk meminta saran dan kritik.
  6. Setelah semua proses tersebut diatas selesai segera ambil kesimpulan dan segera pula ambil sikap untuk menjalankan bisnis tersebut. Karena tanpa eksekusi maka segala rencana tidak akan ada gunanya.
  • Renungkan secara mendalam hasil riset/penelitian tersebut diatas sebelum melangkah untuk memulai bisnis.
Untuk menentukan bisnis yang akan kita jalankan perlu merenungkan secara mendalam hasil riset yang telah dilakukan. Apakah bisnis yang telah kita pilih dapat dijalankan dan menghasilkan banyak keuntungan. Apabila bisnis yang telah kita pilih ternyata tidak dapat kita jalankan, maka mulai lagi dengan jenis bisnis lainnya dan lakukan langkah diatas untuk menentukan bisnis yang cocok dengan kita.
Artikel yang Perlu Diketahui :