19 December 2016

Pengertian Dan Proses Likuidasi CV (Perseroan Komanditer)

Pengertian Likuidasi CV (Perseroan Komanditer)

Pengertian Likuidasi CV (Perseroan Komanditer)
adalah proses pencairan Aktiva, Piutang dan Persediaan menjadi kas / bank serta Pembayaran atas klaim utang dan pembagian kepada pemilik CV (perseroan komanditer) tersebut.

Likuidasi CV (Perseroan Komanditer) dilakukan dengan cara menyelesaikan seluruh kewajiban dari perusahaan dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan, sehingga apabila kas / bank yang dimiliki tidak cukup, dilakukan penjualan aktiva. Setelah seluruh kewajiban diselesaikan, maka sisa harta yang dimiliki perusahaan dibagi seluruhnya kepada pemilik yang tercantum dalam akte pendirian atau akte perubahan terakhir.

Proses likuidasi CV (Perseroan Komanditer) terdiri dari :
  • Pencairan sebagian atau seluruh aktiva menjadi kas / bank.
  • Pencairan sebagian atau seluruh persediaan menjadi kas / bank.
  • Pencairan piutang menjadi kas / bank.
  • Penyelesaian dengan kreditor atau pelunasan utang.
  • Pelunasan pembayaran pajak yang terutang.
  • Pembagian aktiva/persediaan dan kas/bank kepada pemilik CV (Perseroan Komanditer) berdasarkan perjanjian pembagian modal pada saat pendirian atau perubahannya. 
Apabila proses likuidasi CV (Perseroan Komanditer) telah selesai biasanya pemilik akan membubarkan perusahaan tersebut dengan akte notaris.

Setelah Akte pembubaran diterbitkan oleh notaris, maka proses selanjutnya adalah mengajukan permohonan pencabutan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak) ke Kantor Pelayanan Pajak dimana terdaftar.

Setelah selesai pencabutan sebagai PKP, maka proses selanjutnya adalah permohonan penghapusan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) ke Kantor Pelayanan Pajak dimana perusahaan tersebut terdaftar.

Artikel Yang Perlu Diketahui :
Referensi :