Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Arus Kas Investasi pada Entitas Anak, Entitas Asosiasi, dan Ventura Bersama

Arus Kas Investasi

Arus kas Investasi adalah arus masuk dan arus keluar kas atau setara kas yang berasal dari perolehan dan pelepasan aset jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas.

Arus Kas Investasi pada Entitas Anak, Entitas Asosiasi, dan Ventura Bersama

Apabila akuntansi untuk investasi pada entitas asosiasi atau entitas anak dibukukan dengan menggunakan metode ekuitas atau metode biaya perolehan, maka investor membatasi pelaporannya dalam laporan arus kas hanya pada arus kas yang terjadi antara investor dan investee, misalnya jumlah dividen dan uang muka yang diterima.

Entitas yang melaporkan kepemilikannya dalam pengendalian bersama entitas (lihat PSAK 12: Bagian Partisipasi Dalam Ventura Bersama) menggunakan konsolidasi proporsional, melaporkan dalam laporan arus kas konsolidasinya bagian proporsional dari arus kas atas entitas yang dikendalikan bersama.

Entitas yang melaporkan kepemilikannya menggunakan metode ekuitas melaporkan dalam laporan arus kas, arus kas atas investasinya dalam entitas yang dikendalikan bersama, dan distribusi dan pembayaran lain atau penerimaan antara entitas dan entitas yang dikendalikan bersama.

Artikel Yang Perlu Diketahui :