Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PER-03/PJ/2015 Tanggal 13 Pebruari 2015 Tentang Penyampaian SPT Elektronik

Rangkuman/Ringkasan dan Isi PER-03/PJ/2015 Tanggal 13 Pebruari 2015 Tentang Penyampaian SPT Elektronik   : 
  • Rangkuman/Ringkasan PER-03/PJ/2015 Tanggal 13 Pebruari 2015 Tentang Penyampaian SPT Elektronik adalah sebagai berikut :
  1. Pasal 1 Tentang Pengertian Kantor Pelayanan Pajak, Surat Pemberitahuan, SPT Elektronik, Aplikasi SPT Elektronik, Aplikasi e-SPT, e-FIN, Tanda Tangan Elektronik, Kode verifikasi, Notifikasi, Sertifikat Elektronik, Penyalur SPT Elektronik, Saluran suara digital, Bukti Penerimaan Elektronik, dan Nomor Transaksi Penerimaan Negara.
  2. Pasal 2 Tentang Kewajiban Wajib Pajak untuk menyampaikan SPT, Bentuk SPT dan Tata cara penyampaian SPT.
  3. Pasal 3 Tentang Batas waktu penyampaian SPT Elektronik.
  4. Pasal 4 Tentang Wajib Pajak yang diwajibkan untuk menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan dalam bentuk dokumen elektronik.
  5. Pasal 5 Tentang Tata cara pembetulan bagi Wajib Pajak yang menyampaikan SPT dalam bentuk elektronik.
  6. Pasal 6 Tentang Tata cara dan prosedur penyampaian SPT Elektronik.
  7. Pasal 7 Tentang Pencabutan PER-47/PJ/2008, PER-6/PJ/2009, PER-36/PJ/2013, PER-47/2008, PER-1/PJ/2014 dan PER-6/PJ/2014.
  8. Pasal 8 Tentang Saat berlakunya PER-03/PJ/2015.

PER-03/PJ/2015 Tanggal 13 Pebruari 2015 Tentang Penyampaian SPT Elektronik selengkapnya adalah sebagai berikut :


PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK
NOMOR PER - 03/PJ/2015

TENTANG

PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN ELEKTRONIK

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA,

DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

Menimbang :
a.     bahwa dalam rangka menyesuaikan sistem administrasi perpajakan dengan perkembangan teknologi  informasi serta untuk meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak, perlu diberikan kemudahan kepada Wajib Pajak dalam penyampaian Surat Pemberitahuan;
b.    bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a dan dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 26 huruf e Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2014 tentang Surat Pemberitahuan (SPT), perlu menetapkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan Elektronik;

Mengingat :
1.    Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1983 Nomor 49, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3262) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 62, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4999);
2.    Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan Hak dan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 162, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5268);
3.    Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2014 tentang Surat Pemberitahuan (SPT);

 MEMUTUSKAN :

Menetapkan :

PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK TENTANG PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN ELEKTRONIK.

BAB I
KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Direktur Jenderal ini, yang dimaksud dengan:
1.    Kantor Pelayanan Pajak yang selanjutnya disebut KPP adalah Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar dan/atau tempat Pengusaha Kena Pajak dikukuhkan.
2.    Surat Pemberitahuan yang selanjutnya disebut SPT adalah surat yang oleh Wajib Pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.
3.    SPT Elektronik adalah SPT dalam bentuk dokumen elektronik.
4.    Aplikasi SPT Elektronik adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat SPT Elektronik.
5.    Aplikasi e-SPT adalah Aplikasi SPT Elektronik yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak.
6.    e-FIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan Direktorat Jenderal Pajak.
7.    Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi.
8.    Kode verifikasi adalah sekumpulan angka atau huruf atau kombinasi angka dan huruf yang dihasilkan oleh sistem informasi Direktorat Jenderal Pajak yang digunakan untuk keamanan dalam proses penyampaian SPT Elektronik.
9.    Notifikasi adalah pemberitahuan kepada Wajib Pajak mengenai status SPT Elektronik yang disampaikan  melalui saluran tertentu.
10.  Sertifikat Elektronik (Digital Certificate) adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukan status subyek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.
11.  Penyalur SPT Elektronik adalah badan yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak sebagai pihak yang dapat menyalurkan penyampaian SPT melalui saluran tertentu ke Direktorat Jenderal Pajak.
12.  Saluran suara digital adalah sarana penyampaian SPT Elektronik melalui interaksi antara Wajib Pajak dengan sistem informasi Direktorat Jenderal Pajak menggunakan suara Wajib Pajak dan/atau nada tombol papan kunci (keypad) telepon yang digunakan oleh Wajib Pajak.
13.  Bukti Penerimaan Elektronik adalah informasi yang meliputi nama, Nomor Pokok Wajib Pajak, tanggal, jam, dan Nomor Tanda Terima Elektronik yang tertera pada hasil cetakan bukti penerimaan, dalam hal penyampaian SPT Elektronik dilakukan melalui laman Direktorat Jenderal Pajak, atau informasi yang meliputi nama, Nomor Pokok Wajib Pajak, tanggal, jam, Nomor Tanda Terima Elektronik dan Nomor Transaksi Pengiriman serta nama Penyalur SPT Elektronik, yang tertera pada hasil cetakan bukti penerimaan, dalam hal penyampaian SPT Elektronik dilakukan melalui Penyalur SPT Elektronik, yang berfungsi sebagai tanda terima penyampaian SPT Elektronik.
14.  Nomor Transaksi Penerimaan Negara yang selanjutnya disingkat NTPN adalah nomor bukti transaksi penerimaan yang diterbitkan melalui Modul Penerimaan Negara.

Pasal 2

(1)  
Setiap Wajib Pajak wajib mengisi SPT dengan benar, lengkap, dan jelas, dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan huruf Latin, angka Arab, satuan mata uang Rupiah, dan menandatangani serta menyampaikannya ke KPP atau tempat lain yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak.
(2)
SPT sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berbentuk:
a.     formulir kertas (hardcopy); atau
b.    dokumen elektronik.
(3)
Wajib Pajak yang menyampaikan SPT dalam bentuk dokumen elektronik, menyampaikan SPT Elektronik tersebut ke KPP dengan cara:
a.     langsung;
b.    melalui pos dengan bukti pengiriman surat;
c.     melalui perusahaan jasa ekspedisi/kurir dengan bukti pengiriman surat; atau
d.    melalui saluran tertentu yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak.
(4)
Saluran tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (3) meliputi:
a.     laman Direktorat Jenderal Pajak;
b.    laman Penyalur SPT Elektronik;
c.     saluran suara digital yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak untuk Wajib Pajak tertentu;
d.    jaringan komunikasi data yang terhubung khusus antara Direktorat Jenderal Pajak dengan Wajib Pajak; atau
e.     saluran lain yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak.

   
Pasal 3

(1) 
Batas waktu penyampaian SPT Elektronik mengikuti ketentuan batas waktu penyampaian SPT secara  umum.
(2)
Wajib Pajak dapat menyampaikan SPT Elektronik melalui saluran tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (4) dalam jangka waktu 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu dengan standar Waktu Indonesia Bagian Barat.

Pasal 4

(1)  
Wajib Pajak harus menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan dalam bentuk dokumen elektronik, dalam hal memenuhi kriteria sebagai berikut:
a.     Wajib Pajak yang diwajibkan menyampaikan SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 21 dalam bentuk dokumen elektronik sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan dan memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan;
b.    Wajib Pajak yang diwajibkan menyampaikan SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai dalam bentuk  dokumen elektronik sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan dan memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan;
c.     Wajib Pajak yang sudah pernah menyampaikan SPT Elektronik; atau
d.    Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya, Kantor Pelayanan Pajak di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Khusus dan Kantor Pelayanan Pajak di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wajib Pajak Besar.
(2)
Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf d, selain harus menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan dalam bentuk dokumen elektronik, juga harus menyampaikan SPT Masa Pajak Penghasilan dan SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai dalam bentuk dokumen elektronik.

Pasal 5

Dalam hal Wajib Pajak melakukan pembetulan atas SPT Elektronik yang telah disampaikan, pembetulan SPT tersebut harus disampaikan dalam bentuk elektronik.

Pasal 6

Tata cara dan prosedur penyampaian SPT Elektronik:
a.     secara langsung atau melalui pos/perusahaan jasa ekspedisi/kurir;
b.    melalui laman Direktorat Jenderal Pajak;
c.     melalui Penyalur SPT Elektronik;
d.    melalui saluran suara digital yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak untuk Wajib Pajak tertentu;
e.     melalui jaringan komunikasi data yang terhubung khusus antara Direktorat Jenderal Pajak dengan Wajib Pajak,
dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal ini.

Pasal 7

Pada saat berlakunya Peraturan Direktur Jenderal ini,
a.     Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-47/PJ/2008 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan dan Penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan Surat Pemberitahuan Tahunan secara Elektronik (e-Filing) Melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP);
b.    Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-6/PJ/2009 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan dalam Bentuk Elektronik;
c.     Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-36/PJ/2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-47/2008 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan dan Penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan Surat Pemberitahuan Tahunan secara Elektronik (e-Filing) Melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP);
d.    Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-1/PJ/2014 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang Menggunakan Formulir 1770S atau 1770SS Secara e-Filing Melalui Website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id ); dan
e.     Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-6/PJ/2014 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang Menggunakan Formulir 1770S Atau 1770SS Secara e-Filing dan Merupakan Pegawai Tetap pada Pemberi Kerja Tertentu,
dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 7

Peraturan Direktur Jenderal ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.



Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 13 Februari 2015
DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

ttd.

SIGIT PRIADI PRAMUDITO


Status PER-03/PJ/2015 Tanggal 13 Pebruari 2015 Tentang Penyampaian SPT Elektronik adalah sebagai berikut :

- PER-03/PJ/2015 Tanggal 13 Pebruari 2015 Tentang Penyampaian SPT Elektronik mulai berlaku sejak Tanggal 13 Pebruari 2015.

- PER-03/PJ/2015 Tanggal 13 Pebruari 2015 Tentang Penyampaian SPT Elektronik mencabut PER-47/PJ/2008, PER-6/PJ/2009, PER-36/PJ/2013, PER-47/2008, PER-1/PJ/2014 dan PER-6/PJ/2014.


- PER-03/PJ/2015 Tanggal 13 Pebruari 2015 Tentang Penyampaian SPT Elektronik telah dicabut dan diganti dengan PER-01/PJ/2017 Tanggal 23 Januari 2017 Tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan Elektronik.